Penugasan 1: nilai 100/100
Soal 1
Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 2
Dalam sudut pandang Kecerdasan Buatan, mesin selalu dapat berpikir seperti manusia tanpa ada perbedaan signifikan.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: B
Soal 3
Dari sudut pandang pemrograman, Kecerdasan Buatan melibatkan studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah, dan pencarian.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 4
Kecerdasan Alami lebih mahal karena seringkali memerlukan perekrutan orang untuk melakukan pekerjaan.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 5
Bidang ilmu ini mempelajari bagaimana membangun sistem atau komputer yang memiliki keahlian untuk memecahkan masalah dan menggunakan penalaran dengan meniru atau mengadopsi keahlian yang dimiliki oleh pakar. Bidang ilmu yang dimaksud adalah Robotika dan Navigasi.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: B
PERTEMUAN 02 (MASALAH RUANG KEADAAN)
Materi PDF: Masalah dan Ruang Keadaan
Video pembelajaran: https://www.youtube.com/live/9eV_Dh5AZXg?si=KmK8fdLj7tTbr5kt
Penugasan 2: nilai 100/100
Soal 1
Ruang keadaan dalam kecerdasan buatan adalah representasi dari semua kemungkinan keadaan yang mungkin terjadi dalam suatu masalah.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 2
Algoritma pencarian dalam ruang keadaan selalu menjamin menemukan solusi optimal.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: B
Soal 3
Algoritma pencarian yang beroperasi dalam ruang keadaan sering digunakan untuk menyelesaikan masalah seperti pencarian jalur terpendek dalam peta atau perencanaan pergerakan robot.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 4
Ruang keadaan dalam kecerdasan buatan dapat digunakan untuk memodelkan permasalahan dengan keadaan awal dan tujuan tertentu.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 5
Ruang keadaan dalam kecerdasan buatan hanya relevan dalam permainan komputer dan tidak memiliki aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: B
PERTEMUAN 03 (PENCARIAN DALAM RUANG KEADAAN)
Penugasan 03 Nilai 100/100
Soal 1
Pencarian buta (blind search) selalu menjamin menemukan solusi optimal dalam graf, tanpa memperhatikan struktur atau informasi tambahan.
Peryataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: B
Soal 2
Breadth-First Search (BFS) memeriksa semua simpul di level saat ini sebelum melanjutkan ke level berikutnya.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 3
Algoritma Depth-First Search (DFS) menggunakan tumpukan (stack) untuk melacak simpul yang akan dieksplorasi selanjutnya.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 4
Jika graf masalah terlalu besar, pencarian buta mungkin tidak praktis karena memerlukan waktu dan memori yang besar.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 5
Pencarian buta sering digunakan dalam situasi di mana tidak ada informasi tambahan yang tersedia untuk membantu dalam pemilihan langkah berikutnya.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
PERTEMUAN 04 (PENCARIAN DALAM RUANG KEADAAN)
Penugasan 04 Nilai 100/100
Soal 1
Pencarian heuristik memanfaatkan pengetahuan tambahan (heuristik) untuk memandu proses pencarian menuju solusi yang lebih baik.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 2
Pencarian terbimbing (heuristik) selalu menjamin menemukan solusi optimal dalam masalah yang diberikan.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: B
Soal 3
Pencarian terbimbing adalah pendekatan yang sering digunakan dalam permainan video untuk menghasilkan gerakan atau tindakan pemain komputer.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 4
Dalam metode pencarian terbimbing, heuristik digunakan untuk memberikan estimasi sejauh mana suatu tindakan atau keadaan mendekati solusi yang diinginkan.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 5
Metode Pendakian Bukit (Hill Climbing) merupakan salah satu metode yang terdapat pada Pencarian Terbimbing.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
PERTEMUAN 05 (PENCARIAN DALAM RUANG KEADAAN)
Penugasan 05 Nilai 100/100
Soal 1
Metode Pembangkit dan Pengujian melibatkan pengujian solusi secara serentak sebelum menghasilkan solusi baru.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 2
Pendekatan Pendakian Bukit selalu menjamin menemukan solusi optimal dalam masalah pencarian.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: B
Soal 3
Metode Pendakian Bukit berhenti saat tidak ada langkah yang dapat memperbaiki solusi saat ini.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 4
Metode Pembangkit dan Pengujian mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama jika ruang pencarian memiliki banyak solusi yang harus diuji.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 5
Kombinasi dari Pembangkit dan Pengujian (Generate and Test) serta Pendakian Bukit (Hill Climbing) dapat meningkatkan kemungkinan menemukan solusi yang baik dalam masalah yang kompleks.
Pernyataan tersebut berniai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
PERTEMUAN 06 (PENGANTAR SISTEM PAKAR)
Penugasan 06 Nilai 100/100
Soal 1
Sistem pakar menggunakan pengetahuan manusia untuk membuat keputusan atau memberikan solusi.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 2
Sistem pakar berbasis kasus menggunakan pengetahuan umum dalam pengambilan keputusan.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: B
Soal 3
Struktur Sistem Pakar terdiri dari Basis Pengetahuan, Inference Engine, dan Interface.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 4
Keuntungan sistem pakar termasuk kemampuannya memberikan solusi yang selalu akurat.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: B
Soal 5
Kelemahan sistem pakar melibatkan biaya pengembangan yang rendah dan sederhana.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: B
PERTEMUAN 07 (PENGANTAR SISTEM PAKAR)
Dipertemuan ini kita akan membahas Pengantar Sistem Pakar, dengan mempelajari materi ini diharapkan mahasiswa akan memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip yang mendasari sistem pakar, termasuk struktur sistem, basis pengetahuan, inference engine, dan sistem berbasis kasus. Selain itu, memahami sistem pakar membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan analitis dan pemecahan masalah. Mereka dapat belajar bagaimana merancang aturan-aturan pengetahuan yang efektif dan bagaimana menggunakan data untuk mendukung pengambilan keputusan. Keseluruhan, tujuan utama dari mempelajari pengantar sistem pakar adalah memberikan landasan yang kuat bagi mahasiswa untuk berkontribusi dalam pengembangan dan implementasi teknologi cerdas ini di berbagai bidang profesi dan industri.
Penugasan 07 Nilai 100/100
Soal 1
Lingkungan pengembangan (development environment) dalam Sistem Pakar digunakan oleh pengguna yang bukan pakar untuk berkonsultasi.
Peryanyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: B
Soal 2
Inference Engine merupakan komponen yang melakukan proses pengambilan keputusan dengan menerapkan aturan-aturan dari Basis Pengetahuan.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 3
Penalaran berbasis aturan tidak memerlukan pengetahuan manusia untuk menghasilkan keputusan.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: B
Soal 4
Penalaran berbasis kasus menggunakan pengetahuan dari kasus-kasus sebelumnya untuk menyelesaikan masalah yang serupa.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Soal 5
Forward chaining adalah jenis penalaran yang dimulai dari fakta-fakta yang diketahui untuk mencapai kesimpulan.
Pernyataan tersebut bernilai True atau False?
a. Benar
b. Salah
Jawab: A
Komentar
Posting Komentar
Semoga bermanfaat dunia dan akhirat