Pertanyaan Calon Programmer di YABB


Berikut ini adalah list pertanyaan dari situs ini 

Ceritakan pengalaman belajarmu yang paling sulit dan bagaimana caramu mengatasi masa tersebut?

Yang tersulit adalah belajar mengenal diri sendiri. Sampai saat ini saya masih terus mempelajari bagaimana menjalani hidup yang lebih baik. Setiap hari bisa lebih baik dari hari sebelumnya.

Cara saya dalam mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan sering berkomunikasi dengan diri sendiri di setiap kesempatan. Biasaya di waktu pagi hari saya membuat video aktifitas harian untuk mendokumentasikan kegiatan harian. Di waktu senggang lainnya saya merutinkan diri untuk membuat artikel apa saja yang sedang saya pikirkan.

Alhamdulillah dengan cara tersebut saya sedikit demi sedikit semakin mengenal karakter diri saya sendiri.

Kenapa kamu tertarik untuk meneruskan karir di Industri Teknologi?

Saya menyukai industri teknologi ini karena banyak hal yang bisa saya pelajari. Ini memuaskan rasa keingintahuan saya yang besar pada suatu hal. Saya juga sudah sejak tahun 2013 mulai belajar pemrogramman dimulai dari HTML, CSS, PHP, Javascript dan lain sebagainya.

Industri teknologi juga sangat membantu dalam mendukung dunia usaha. Hal ini membuka banyak peluang usaha yang luas. Saya berharap untuk bisa mengoptimalkan kesempatan tersebut.

Apakah kamu pernah menemui kesulitan ketika belajar mengenai teknologi? Ceritakan pengalaman tersebut!

Hal ini sangat sering terjadi. Terutama ketika saya harus mempelajari ilmu yang baru. Misal seperti kejadian akhir-akhir ini, saya mengerjakan aplikasi chrome extension untuk membaca dan mengedit file google spreadsheet. Saya perlu mempelajari API dari google sheet.

Perlu waktu dua hari untuk saya bisa memahami alur pembuatan akun google console untuk mendapatkan client id dan api key. Alhamdulillah setelah membaca dokumentasi berulang kali dibantu dengan membuat artikel proses pembelajaran ini saya bisa mengerjakannya dengan baik. Berikut tautan artikel yang sudah dibuat https://agusnurwantomuslim.blogspot.com/2021/04/mempelajari-api-google-untuk-readwrite.html.

Kenapa kamu adalah kandidat yang tepat untuk program ini?

Saya memiliki keinginan yang kuat untuk belajar pemrogramman yang lebih baik. Selama ini saya lebih banyak belajar pemrogramman secara otodidak. Hal ini membuat proses belajar saya seperti kurang terstruktur.

Dengan pengalaman yang ada, saya berharap bisa terus mengikuti perkembangan terbaru dalam industri teknologi. Saya juga ingin menemukan pengalaman baru serta teman-teman baru untuk memperluas lingkup pertemanan.

Ceritakan bagaimana rencanamu untuk memanfaatkan akses belajar yang diberikan YABB?

Dengan akses belajar yang diberikan oleh YABB (Yayasan Anak Bangsa Bisa) saya berharap bisa meningkatkan ilmu pemrogramman yang sudah ada. Juga meningkatkan kesempatan saya untuk ikut serta mengambil peluang usaha dalam industri teknologi saat ini.

Saya berencana untuk lebih banyak berkontribusi dalam industri teknologi dengan mengembangkan aplikasi-aplikasi opensource terutama dibidang pemerintahan. Sehingga kemanfaatannya bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Plugin Wordpress Gwolle Guestbook untuk Aplikasi Buku Tamu