Grafika Komputer

Ujian Tengah Semester Nilai 82,61/100

Soal 1

Apa yang terjadi jika nilai faktor penskalaan (sx,sy) lebih dari 1?

a. Objek diperbesar

b. Objek diputar

c. Objek diperkecil

d. Objek digeser

Jawab: A


Soal 2

Apa yang dimaksud dengan proses clipping dalam konteks grafika komputer?

a. Pemetaan dari koordinat dunia ke koordinat alat

b. Proses pemindahan objek dari window ke dalam alat

c. Proses pemilihan area pada koordinat dunia

d. Pemotongan objek sehingga hanya yang berada pada area yang menjadi perhatian saja yang terlihat

Jawab: D


Soal 3

Apa langkah-langkah yang harus dilakukan untuk refleksi pada garis sembarang?

a. Translasikan cermin, rotasikan cermin, refleksikan objek, re-rotasi, re-translasi

b. Rotasikan cermin, refleksikan objek, re-rotasi, re-translasi, translasikan cermin

c. Refleksikan objek, rotasikan cermin, re-translasi, translasikan cermin

d. Translasikan cermin, refleksikan objek, rotasikan cermin, re-rotasi, re-translasi

Jawab: A


Soal 4

Apa langkah-langkah yang harus dilakukan untuk rotasi pada sumbu sembarang?

a. Lakukan rotasi, translasikan pusat rotasi, re-translasi

b. Translasikan pusat rotasi, lakukan rotasi, re-translasi

c. Re-translasi, lakukan rotasi, translasikan pusat rotasi

d. Translasikan pusat rotasi, re-translasi, lakukan rotasi (salah)

Jawab: D


Soal 5

Apa yang dimaksud dengan region code dalam algoritma Cohen-Sutherland?

a. Kode bit yang menunjukkan posisi ujung garis pada koordinat dunia

b. Kode bit yang menunjukkan posisi ujung garis pada area gambar

c. Kode bit yang menunjukkan posisi ujung garis pada region viewport

d. Kode bit yang menunjukkan posisi ujung garis pada koordinat alat

Jawab: C


Soal 6

Apa yang dimaksud dengan transformasi homogen?

a. Transformasi yang tidak diperlukan dalam dunia nyata

b. Transformasi yang hanya berlaku untuk objek dengan koordinat absolut di (0,0)

c. Transformasi yang hanya berlaku untuk objek kompleks

d. Transformasi yang memberikan cakupan proses transformasi secara umum

Jawab: D


Soal 7

Apa yang harus dilakukan untuk merotasi objek sebesar 30º CW dengan pusat rotasi pada (-3,5)?

a. Lakukan rotasi, translasikan pusat rotasi, re-translasi

b. Re-translasi, lakukan rotasi, translasikan pusat rotasi

c. Translasikan pusat rotasi, re-translasi, lakukan rotasi (salah)

d. Translasikan pusat rotasi, lakukan rotasi, re-translasi (salah)

Jawab: C


Soal 8

Apa yang dimaksud dengan transformasi 2 dimensi pada objek grafik?

a. Memindahkan objek tanpa merusak bentuk

b. Mengubah bentuk objek

c. Menggandakan objek

d. Membuat objek menjadi lebih besar

Jawab: A


Soal 9

Bagaimana rumus untuk refleksi terhadap garis y=0?

a. x' = -x, y' = -y

b. x' = x, y' = y

c. x' = -x, y' = y

d. x' = x, y' = -y

Jawab: D


Soal 10

Algoritma apa yang digunakan untuk clipping garis dalam gambar 4.7?

a. Midpoint

b. Liang-Barsky (salah)

c. Cohen-Sutherland

d. Bresenham

Jawab: C


Soal 11

Apa yang harus dilakukan untuk merefleksikan objek pada cermin yang berimpit dengan garis y = x+9?

a. Refleksikan objek, rotasikan cermin, re-translasi, translasikan cermin

b. Translasikan cermin, rotasikan cermin, refleksikan objek, re-rotasi, re-translasi (salah)

c. Rotasikan cermin, refleksikan objek, re-rotasi, re-translasi, translasikan cermin

d. Translasikan cermin, refleksikan objek, rotasikan cermin, re-rotasi, re-translasi

Jawab: D


Soal 12

Apa yang terjadi pada objek setelah dilakukan shear terhadap sumbu x?

a. Membuat objek menjadi lebih besar

b. Mengubah bentuk objek (Salah)

c. Membuat mirror objek

d. Menggeser sisi tertentu

Jawab: B


Soal 13

Apakah rumus untuk translasi suatu titik?

a. x' = x + tx, y' = y + ty

b. x' = x - tx, y' = y - ty

c. x' = x * tx, y' = y * ty

d. x' = x / tx, y' = y / ty

Jawab: A


Soal 14

Apa yang harus dilakukan untuk merotasi objek sebesar 45º CCW dengan pusat rotasi pada (9, 4)?

a. Re-translasi, lakukan rotasi, translasikan pusat rotasi

b. Translasikan pusat rotasi, lakukan rotasi, re-translasi

c. Translasikan pusat rotasi, re-translasi, lakukan rotasi

d. Lakukan rotasi, translasikan pusat rotasi, re-translasi

Jawab: B


Soal 15

Algoritma apa yang lebih efisien dibandingkan dengan Cohen-Sutherland?

a. Cohen-Sutherland

b. Liang-Barsky

c. Midpoint

d. Bresenham

Jawab: B


Soal 16

Apa yang dimaksud dengan window dalam konteks grafika komputer?

a. Area pada koordinat dunia (salah)

b. Area pada layar monitor

c. Area pada alat display

d. Area pada koordinat alat

Jawab: D


Soal 17

Apa yang dimaksud dengan koordinat homogen?

a. Koordinat yang tidak diperlukan dalam transformasi homogen

b. Koordinat yang selalu absolut di (0,0)

c. Koordinat yang tidak berubah saat ditransformasikan

d. Koordinat yang memetakan titik (0,0) ke posisi lain

Jawab: D


Soal 18

Apa yang harus dilakukan untuk merefleksikan objek pada cermin yang berimpit dengan garis y = –x+9?

a. Refleksikan objek, rotasikan cermin, re-translasi, translasikan cermin

b. Translasikan cermin, rotasikan cermin, refleksikan objek, re-rotasi, re-translasi

c. Translasikan cermin, refleksikan objek, rotasikan cermin, re-rotasi, re-translasi

d. Rotasikan cermin, refleksikan objek, re-rotasi, re-translasi, translasikan cermin

Jawab: B


Soal 19

Manakah dari berikut yang bukan merupakan tujuan transformasi?

a. Memudahkan membuat objek yang simetris

b. Melihat objek dari sudut pandang yang berbeda

c. Menggandakan objek

d. Merubah atau menyesuaikan komposisi pemandangan

Jawab: C


Soal 20

Apa yang dilakukan oleh algoritma Liang-Barsky untuk menentukan posisi garis dalam bidang clipping?

a. Menghitung nilai dan parameter t1 dan t2 (salah)

b. Menghitung nilai dan parameter u1 dan u2

c. Menghitung nilai dan parameter r

d. Menghitung nilai dan parameter p dan q

Jawab: B


Soal 21

Apa yang terjadi jika nilai faktor penskalaan (sx,sy) lebih dari 1?

a. Objek diperbesar

b. Objek diputar

c. Objek digeser

d. Objek diperkecil

Jawab: A


Soal 22

Apa yang dimaksud dengan viewport dalam konteks grafika komputer?

a. Area pada alat display

b. Area pada koordinat alat

c. Area pada koordinat dunia

d. Area pada layar monitor (salah)

Jawab: A


Soal 23

Proses transformasi pemandangan nyata ke dalam monitor komputer memerlukan penggunaan konsep apa?

a. Clipping

b. Transformasi (salah)

c. Windowing

d. Pemetaan (salah)

Jawab: D


UAS Nilai 83,33 dari 100,00

Soal 1
Apa yang dimaksud dengan pemantulan dalam ray tracing?
a. Sinar dipantulkan pada permukaan
b. Sinar dibiaskan di dalam objek
c. Sinar berhenti bergerak
d. Sinar tidak dipantulkan pada permukaan
Jawab: A

Soal 2
Apa yang dilakukan oleh fungsi glutSwapBuffers dalam OpenGL?
a. Mengganti ukuran jendela tampilan
b. Mengganti mode tampilan layar
c. Mengganti warna latar belakang layar
d. Menukar buffer depan dan buffer belakang
Jawab: D

Soal 3
Apa yang dimaksud dengan cahaya titik dalam model pencahayaan?
a. Specular
b. Positional
c. Cahaya lingkungan
d. Diffuse
Jawab: B

Soal 4
Apa yang dimaksud dengan pemetaan tekstur dalam OpenGL?
a. Alpha blending (salah)
b. Interaksi dengan sistem operasi
c. Efek atmosfer
d. Built-in protokol
Jawab: A

Soal 5
Apa langkah pertama dalam menginstal OpenGL?
a. Menginstal Microsoft Visual Studio.NET
b. Menginstal glut-3.7.6.zip
c. Menginstal file OpenGL95.exe
d. Menginstal GL.H
Jawab: A

Soal 6
Apa yang dimaksud dengan fungsi perpotongan dalam ray tracing?
a. Fungsi untuk menentukan arah sinar bias
b. Fungsi untuk menentukan arah sinar pantul
c. Fungsi untuk menentukan warna latar belakang
d. Fungsi untuk menentukan apakah sinar berpotongan dengan objek
Jawab: D

Soal 7
Apa yang dimaksud dengan sinar dalam ray tracing?
a. Matriks
b. Bilangan pecahan
c. Bilangan bulat
d. Vektor
Jawab: D

Soal 8
Apa yang dilakukan oleh fungsi gluUnProject dalam OpenGL?
a. Mengatur pencahayaan dalam grafika komputer
b. Mengatur proyeksi perspektif dalam grafika komputer
c. Mentransformasikan koordinat dunia ke koordinat layar
d. Menggambar objek 3D ke layar 2D
Jawab: C

Soal 9
Apa yang dimaksud dengan alpha blending dalam OpenGL?
a. Interaksi dengan sistem operasi
b. Built-in protokol
c. Efek atmosfer
d. Pemetaan tekstur
Jawab: D

Soal 10
Apa yang dimaksud dengan GL_SMOOTH dalam OpenGL?
a. Sebuah fungsi untuk menggambar objek dengan shading halus
b. Sebuah fungsi untuk menggambar objek dengan warna-warni bergradasi
c. Sebuah fungsi untuk menggambar objek dengan bayangan
d. Sebuah fungsi untuk menggambar objek dengan efek blur
Jawab: A

Soal 11
Apa yang dilakukan oleh fungsi glutWireCube(1.0) pada program menggambar kubus?
a. Menggambar kubus dengan wireframe
b. Menggambar kubus dengan poligon
c. Menggambar kubus dengan warna putih
d. Menggambar kubus dengan shading
Jawab: A

Soal 12
Apa yang dilakukan oleh fungsi glutInitDisplayMode (GLUT_SINGLE | GLUT_RGB) pada program pertama OpenGL?
a. Mengatur ukuran jendela
b. glutInitDisplayMode
c. Membuat jendela OpenGL
d. Menginisialisasi mode tampilan
Jawab: D

Soal 13
Apa yang dimaksud dengan model pencahayaan lokal dalam grafika komputer?
a. Cahaya lingkungan
b. Cahaya titik (salah)
c. Diffuse
d. Specular
Jawab: B

Soal 14
Siapakah yang menciptakan istilah 'fraktal'?
a. Leonhard Euler
b. Benoît Mandelbrot
c. Isaac Newton
d. Albert Einstein
Jawab: B

Soal 15
Apa yang dimaksud dengan efek atmosfer dalam OpenGL?
a. Pemetaan tekstur
b. Interaksi dengan sistem operasi
c. Alpha blending
d. Built-in protokol
Jawab: C

Soal 16
Apa yang dimaksud dengan cahaya lingkungan dalam model pencahayaan?
a. Sumber cahaya (salah)
b. Directional
c. Positional
d. Cahaya titik
Jawab: A

Soal 17
Apa yang dimaksud dengan ray tracing?
a. Metode untuk menghasilkan gambar 2D
b. Metode untuk menghasilkan gambar animasi
c. Metode untuk menghasilkan gambar 3D
d. Metode untuk menghasilkan gambar vektor
Jawab: D

Soal 18
Apa yang dimaksud dengan sifat materi penyusun benda dalam model pencahayaan?
a. Cahaya lingkungan
b. Translucent
c. Diffuse
d. Specular
Jawab: B

Soal 19
Apa yang dimaksud dengan sistem dinamikal chaotis?
a. Sistem yang selalu stabil
b. Sistem yang selalu berulang
c. Sistem yang selalu beraturan
d. Sistem yang tidak dapat diprediksi
Jawab: D

Soal 20
Apa yang dimaksud dengan fraktal?
a. Benda geometris simetris
b. Benda geometris kasar
c. Benda geometris abstrak
d. Benda geometris halus
Jawab: B

Soal 21
Apa yang dimaksud dengan OpenGL dalam grafika komputer?
a. Sistem operasi
b. Program aplikasi interface
c. Perangkat keras grafis
d. Model matematik
Jawab: B

Soal 22
Apa langkah untuk membuat program OpenGL sederhana?
a. Mengatur Project Properties
b. Membuat proyek dengan tipe Visual C++ Projects
c. Menambahkan program ke direktori sementara
d. Menjalankan Visual Studio .NET
Jawab: B

Soal 23
Apa yang dimaksud dengan photon mapping?
a. Simulasi pencahayaan
b. Simulasi pergerakan foton
c. Simulasi pergerakan sinar
d. Simulasi pergerakan partikel
Jawab: A

Soal 24
Apa yang dimaksud dengan GL_POLYGON_STIPPLE dalam OpenGL?
a. Sebuah fungsi untuk menggambar poligon dengan pola titik-titik
b. Sebuah fungsi untuk menggambar poligon dengan pola bergradasi
c. Sebuah fungsi untuk menggambar poligon dengan pola tertentu
d. Sebuah fungsi untuk menggambar poligon dengan pola garis putus-putus
Jawab: C

Soal 25
Apa yang dimaksud dengan algoritma ray tracing?
a. Fungsi linear
b. Fungsi eksponensial
c. Fungsi rekursif
d. Fungsi kuadrat
Jawab: C

Soal 26
Apa yang dimaksud dengan model pencahayaan global dalam grafika komputer?
a. Radiocity (salah)
b. Cahaya lingkungan
c. Model pencahayaan lokal
d. Ray tracing
Jawab: A

Soal 27
Apa yang dimaksud dengan GL_CLIP_PLANE dalam OpenGL?
a. Sebuah fungsi untuk mengatur area kliping dalam grafika komputer
b. Sebuah fungsi untuk menggambar objek dengan efek clip art
c. Sebuah fungsi untuk mengatur pencahayaan dalam grafika komputer
d. Sebuah fungsi untuk mengatur proyeksi dalam grafika komputer
Jawab: A

Soal 28
Apa yang dimaksud dengan tembus cahaya dalam ray tracing?
a. Sinar dipantulkan pada permukaan
b. Sinar dibiaskan di dalam objek
c. Sinar tidak dipantulkan pada permukaan
d. Sinar berhenti bergerak
Jawab: B

Soal 29
Apa yang dilakukan oleh fungsi glutSwapBuffers() pada program double-buffer untuk animasi poligon?
a. Mengganti buffer depan dan belakang
b. Mengganti warna latar belakang
c. Mengganti ukuran jendela
d. Mengganti mode tampilan
Jawab: A

Soal 30
Siapakah pengembang awal dari OpenGL?
a. Microsoft
b. Inventor Open
c. Silicon Graphics
d. Sistem Windows
Jawab: C

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan Calon Programmer di YABB

Belajar Plugin Wordpress Gwolle Guestbook untuk Aplikasi Buku Tamu