Surat Untuk Bapak Mentor


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Kepada bapak mentor yang terhormat.

Saya menulis ini untuk untuk menyampaikan keseriusan saya dalam mewujudkan gagasan yang saya sedang kerjakan. Saya tau bapak punya banyak pekerjaan yang sedang dilakukan, tapi ijinkan saya untuk menyampaikan sedikit gagasan atau curhatan yang selama ini terpendam. Walaupun saya ragu apakah lewat tulisan ini, saya bisa menyampaikan semuanya.

Saya tau kenal bapak sejak mencalonkan bupati Magetan 2018. Pernah menjabat sebagai SekJen kementrian Kominfo dan menjadi Bupati Magetan. Saya dapat referensi biografi bapak salah satunya dari artikel di https://kontenjatim.com/read32844/profil-suprawoto-bupati-magetan-yang-pernah-jadi-sekjen-kominfo.

Waktu bapak menjabat bupati, saya masih bekerja sebagai tenaga ahli programmer di DISKOMINFO Magetan sampai akhirnya tidak memperpanjang kontrak lagi di akhir tahun 2021. Mulai awal tahun 2022 sampai saat sekarang saya membuat usaha software house yang berfokus untuk menyediakan aplikasi pemerintahan berbasis open source.

Saya kagum dengan progam-progam yang sudah bapak buat seperti:

  • Mall pelayanan publik
  • Baju batik kab. Magetan untuk ASN dari produk lokal
  • Perbaikan gedung Perpustakaan ramah masyarakat
  • E-voting pilkades
  • Gedung graha literasi
  • Mendatangkan universitas negri UNESA, UNS ke Magetan
  • Pembuatan dua rumah sakit rintisan baru di Magetan
  • Kebun raya bambu
  • Toko modern dibatasi agar toko lokal tumbuh
  • Rumah Promosi Magetan
  • Penulis aktif yang sudah menerbitkan beberapa buku
Mohon maaf, mungkin masih banyak lagi progam yang belum saya sebutkan karena kurangnya literasi.

Gagasan saya terkait penerapan sistem open source untuk pengembangan aplikasi pemerintahan di repository publik seperti github. Saat ini saya berkomitmen untuk mengembangkan aplikasi pemerintahan di repository github saya https://github.com/agusnurwanto/.

Khusus untuk aplikasi pemerintahan yang berorientasi kepada layanan masyarakat, saya buat repository-nya bersifat publik. Berikut keuntungan pembuatan aplikasi dengan sistem open source:
  • Pemda lain dapat ikut menggunakan aplikasi tersebut secara cuma-cuma. Juga bisa memberikan kontribusi masalah-masalah baru yang dapat diselesaikan dengan aplikasi ini.
  • Developer / komunitas IT dapat ikut berkontribusi untuk ikut mengembangkan aplikasi.
  • Pelajar / mahasiswa dapat lebih mudah dalam mempelajari alur sistem birokrasi di pemerintahan.
  • Keamanan dan kulaitas kode dapat dipantau bersama untuk melindungi aplikasi dari serangan hacker
Berdasarkan alasan tersebut, saya berharap perkembangan pemanfaatan TIK di pemerintahan dapat terlaksana lebih cepat dan efisen. Dapat juga mempercepat terwujudnya program Smart City.

Sebelumnya saya sudah pernah membuat tulisan terkait open source di pemerintahan pada 23 April 2021, dapat dibaca di https://agusnurwantomuslim.blogspot.com/2021/04/aplikasi-pemerintahan-e-goverment-perlu.html. Sampai saat ini pandangan saya tentang topik ini masih sama.

Saya berharap dari pengalaman bapak yang sudah berkeliling di berbagai tempat di dunia, bapak dapat memberikan pandangan baru atau bimbingan kepada saya bagaimana cara terbaik untuk menerapkan gagasan tersebut. Mungkin saja di suatu tempat di dunia ini, ada daerah yang perkembangan layanan kepada masyarakatnya berbasis IT sangat bagus dan bisa diterapkan di tempat kami.

Demikian surat ini saya buat untuk dipergunakan seperlunya. Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Catatan:
  • Sumber gambar https://kumparan.com/inspirasi-kata/3-contoh-surat-untuk-kakak-mentor-terbaik-1zZTPy52c6t

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan Calon Programmer di YABB

Belajar Plugin Wordpress Gwolle Guestbook untuk Aplikasi Buku Tamu