Multimedia
UAS Nilai 95,38/100
Soal 1
Teknik untuk mengubah ukuran gambar disebut:
a. Reduksi
b. Animasi
c. Kompresi
d. Pengeditan
Jawab: C
Soal 2
Animasi 3D digunakan dalam:
a. Film animasi
b. Animasi slide PowerPoint
c. Animasi 2D
d. Gambar statis
Jawab: A
Soal 3
Prinsip utama desain antarmuka yang baik melibatkan:
a. Menggabungkan gambar dan teks secara acak
b. Kemudahan penggunaan, konsistensi, dan tata letak yang baik
c. Penambahan efek audio
d. Keberagaman media
Jawab: B
Soal 4
Peran teknologi multimedia dalam dunia hiburan adalah:
a. Hanya mengganggu interaksi manusia
b. Meningkatkan kualitas hiburan dan menghadirkan pengalaman yang lebih mendalam
c. Tidak memiliki pengaruh pada industri hiburan
d. Hanya mengurangi daya tarik pertunjukan
Jawab: B
Soal 5
Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat interaksi dinamis di halaman web adalah:
a. HTML
b. JavaScript
c. CSS
d. SQL
Jawab: B
Soal 6
Gambar dalam format JPEG biasanya memiliki:
a. Latar belakang transparan
b. Kualitas yang lebih rendah dengan ukuran file yang lebih kecil
c. Ukuran file yang sangat besar
d. Kualitas yang lebih baik dengan ukuran file yang lebih kecil
Jawab: B
Soal 7
Format video yang paling sering digunakan untuk streaming online adalah:
a. MP3
b. GIF
c. MP4
d. AVI
Jawab: C
Soal 8
Tujuan utama desain antarmuka yang baik adalah:
a. Membuat tampilan yang rumit
b. Meningkatkan kebingungan
c. Menyulitkan pengguna
d. Menciptakan pengalaman yang intuitif dan efisien bagi pengguna
Jawab: D
Soal 9
Studi kasus aplikasi multimedia dalam berbagai industri menunjukkan:
a. Tidak ada dampak nyata dalam bisnis
b. Penggunaan multimedia hanya dalam hiburan
c. Nilai tambah dalam penyajian informasi dan pengalaman pengguna
d. Penggunaan multimedia hanya dalam pendidikan
Jawab: C
Soal 10
E-learning adalah:
a. Pembelajaran yang tidak melibatkan teknologi
b. Penggunaan hanya teks dalam pembelajaran
c. Metode pembelajaran tradisional
d. Pembelajaran berbasis elektronik dengan menggunakan teknologi multimedia
Jawab: D
Soal 11
Apa yang dimaksud dengan multimedia?
a. Penggabungan berbagai bentuk media seperti gambar, suara, dan video
b. Teknologi khusus untuk bermain game
c. Keadaan di mana hanya video digunakan dalam presentasi
d. Penggunaan hanya teks dalam presentasi
Jawab: A
Soal 12
Manfaat format MP3 dalam audio adalah:
a. Kualitas suara yang lebih baik
b. Hanya cocok untuk penyiaran radio
c. Ukuran file yang lebih kecil dengan kualitas yang memadai
d. Tidak cocok untuk streaming media
Jawab: C
Soal 13
Pembuatan materi pembelajaran multimedia melibatkan:
a. Menggabungkan elemen visual, audio, dan interaktif
b. Hanya menggunakan gambar
c. Mengabaikan variasi media
d. Hanya penggunaan teks
Jawab: A
Soal 14
Apa yang dimaksud dengan pengolahan gambar dalam multimedia?
a. Mengedit dan memanipulasi gambar
b. Mengatur tata letak halaman web
c. Menulis skrip JavaScript
d. Membuat musik
Jawab: A
Soal 15
Format gambar yang sering digunakan untuk gambar dengan latar transparan adalah:
a. GIF
b. JPEG
c. WAV
d. PNG
Jawab: D
Soal 16
Prinsip interaksi manusia dan komputer berkaitan dengan:
a. Cara manusia berbicara dengan komputer
b. Cara komputer bekerja sendiri tanpa campur tangan manusia
c. Cara komputer berinteraksi dengan alat lain
d. Cara manusia dan komputer berkomunikasi dan bekerja bersama
Jawab: D
Soal 17
Peran multimedia dalam pembelajaran adalah:
a. Membuat pembelajaran lebih membosankan
b. Memperpendek waktu pembelajaran
c. Meningkatkan pemahaman dan keterlibatan dalam pembelajaran
d. Menghilangkan pengalaman visual
Jawab: C
Soal 18
Framework animasi yang populer dan kuat untuk JavaScript adalah:
a. GSAP (GreenSock Animation Platform)
b. CSS Animation
c. Adobe Flash
d. jQuery
Jawab: A
Soal 19
Animasi CSS biasanya mengubah:
a. Video menjadi gambar
b. Properti tata letak dan tampilan elemen
c. Gambar menjadi video
d. Konten suara
Jawab: B
Soal 20
Penerapan multimedia dalam e-commerce bertujuan untuk:
a. Membatasi pengalaman pengguna
b. Hanya menggunakan teks dalam promosi produk
c. Menghilangkan gambar dan video
d. Meningkatkan interaksi dengan produk dan merek
Jawab: D
Soal 21
Penerapan multimedia dalam industri hiburan meliputi:
a. Hanya penggunaan teks dalam pertunjukan
b. Meningkatkan pengalaman dengan efek visual dan suara
c. Mengurangi variasi media dalam hiburan
d. Menghilangkan elemen visual dari pertunjukan
Jawab: B
Soal 22
Animasi JavaScript melibatkan:
a. Mengubah teks menjadi animasi
b. Menggunakan gambar bergerak
c. Menggunakan animasi 3D
d. Menggunakan bahasa pemrograman JavaScript untuk mengendalikan animasi
Jawab: D
Soal 23
Alat yang sering digunakan untuk desain antarmuka adalah:
a. Blender
b. Adobe Photoshop
c. Audacity
d. Microsoft Excel
Jawab: B
Soal 24
Prinsip konsistensi dalam desain antarmuka adalah tentang:
a. Menggunakan banyak warna yang berbeda
b. Menjaga elemen-elemen visual tetap sama di seluruh aplikasi
c. Mengubah tata letak secara acak
d. Menambahkan animasi yang kompleks
Jawab: B
Soal 25
Manfaat studi kasus aplikasi multimedia dalam pendidikan adalah:
a. Hanya mempengaruhi pembelajaran dalam bidang teknologi
b. Hanya berguna dalam pendidikan tinggi
c. Meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa
d. Mengurangi daya tarik dalam pembelajaran
Jawab: C
Soal 26
Basis data multimedia menyimpan jenis data berikut, kecuali:
a. Video
b. Gambar
c. Teks
d. Audio
Jawab: C
Soal 27
Untuk menghasilkan video yang lebih halus, teknik apa yang digunakan?
a. Hanya pengeditan gambar
b. Kompresi
c. Konversi
d. Frame rate yang lebih tinggi
Jawab: D
Soal 28
Pembuatan katalog produk multimedia melibatkan:
a. Menampilkan gambar dan deskripsi produk
b. Hanya tampilan gambar produk
c. Hanya tampilan teks produk
d. Hanya tampilan harga produk
Jawab: A
Soal 29
Animasi 2D berfokus pada:
a. Pergerakan di ruang tiga dimensi
b. Efek khusus
c. Pergerakan di ruang dua dimensi
d. Gambar yang tidak bergera
Jawab: C
Soal 30
Animasi dalam multimedia dapat digunakan untuk:
a. Menghilangkan kebutuhan gambar
b. Hanya sebagai hiasan visual
c. Mengurangi waktu presentasi
d. Menambah elemen interaktif
Jawab: D
Soal 31
User Experience (UX) dan User Interface (UI) berkaitan dengan:
a. Menyunting gambar
b. Pengalaman dan antarmuka pengguna yang baik
c. Desain tata letak halaman web
d. Pengolahan audio
Jawab: B
Soal 32
Mengapa penggunaan multimedia penting dalam penyampaian informasi?
a. Tidak ada manfaat nyata dalam penyampaian informasi
b. Membantu menyampaikan pesan dengan lebih menarik dan efektif
c. Cukup fokus pada teks untuk penyampaian informasi yang baik
d. Hanya untuk meningkatkan tampilan visual
Jawab: B
Soal 33
Penggunaan multimedia dalam iklan online termasuk:
a. Teks panjang
b. Hanya teks
c. Audio saja
d. Gambar dan video
Jawab: D
Soal 34
Media dalam multimedia dapat mencakup:
a. Hanya teks dan suara
b. Hanya teks
c. Gambar, video, dan suara
d. Hanya gambar
Jawab: C
Soal 35
Teknik pengeditan video mencakup:
a. Menyunting teks
b. Menciptakan animasi
c. Menggabungkan gambar
d. Potongan, penggabungan, dan penyesuaian video
Jawab: D
Soal 36
Jenis-jenis media dalam multimedia meliputi:
a. Hanya gambar
b. Gambar, audio, video, dan teks
c. Hanya video
d. Teks dan angka
Jawab: B
Soal 37
Format AVI sering digunakan untuk:
a. File video dengan kualitas rendah
b. File audio
c. File gambar berkualitas tinggi
d. File animasi 3D
Jawab: A
Soal 38
Animasi adalah:
a. Format file video
b. Hanya teks
c. Gambar statis
d. Urutan gambar yang bergerak
Jawab: D
Soal 39
Sifat gelombang audio merujuk pada:
a. Kualitas visual dalam audio
b. Karakteristik fisik dari gelombang suara
c. Kecepatan transfer audio
d. Ukuran file audio
Jawab: B
Soal 40
Alat yang digunakan untuk membuat animasi 3D termasuk:
a. Microsoft Word
b. Photoshop
c. Blender
d. Adobe Illustrator
Jawab: C
Soal 41
Apa yang dimaksud dengan sejarah perkembangan multimedia?
a. Pemanfaatan multimedia dalam pendidikan
b. Tanggal lahir teknologi multimedia
c. Perkembangan teknologi multimedia dari masa lalu hingga sekarang
d. Penggunaan media dalam bermain game
Jawab: C
Soal 42
Integrasi multimedia dalam sistem informasi bertujuan untuk:
a. Meningkatkan pengalaman pengguna dengan berbagai media
b. Menghapus media dari sistem informasi
c. Mengurangi penggunaan media dalam informasi
d. Membatasi akses pengguna
Jawab: A
Soal 43
Pengolahan audio melibatkan:
a. Menggabungkan video
b. Menyunting gambar
c. Pengeditan, mixing, dan rekaman suara
d. Menciptakan animasi
Jawab: C
Soal 44
Format video yang umum digunakan untuk konten berkualitas tinggi adalah:
a. MKV
b. GIF
c. WAV
d. PNG
Jawab: A
Soal 45
Penggunaan multimedia dalam permainan (games) mencakup:
a. Penggunaan teks dan audio
b. Hanya mengandalkan suara dalam permainan
c. Hanya teks dalam permainan
d. Meningkatkan pengalaman dengan grafik, suara, dan interaksi
Jawab: D
Soal 46
Penerapan multimedia dalam e-commerce memberikan manfaat berupa:
a. Meningkatkan efisiensi pembelian
b. Pengurangan interaksi dengan pengguna
c. Membatasi pilihan produk
d. Pengurangan kebingungan pengguna
Jawab: A
Soal 47
Animasi SVG menggunakan:
a. JavaScript untuk memutar video
b. Vektor untuk menghasilkan animasi
c. Teknik flash
d. Gambar bitmap
Jawab: B
Soal 48
Rekaman audio melibatkan:
a. Pemrosesan gambar
b. Menyunting teks
c. Menyesuaikan cahaya gambar
d. Merekam suara dalam format digital
Jawab: D
Soal 49
Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun struktur dan tata letak konten web adalah:
a. CSS
b. JavaScript
c. PHP
d. HTML
Jawab: D
Soal 50
Desain interaksi dalam multimedia melibatkan:
a. Menambahkan banyak teks dalam antarmuka
b. Menentukan cara pengguna berinteraksi dengan konten multimedia
c. Menggunakan warna acak pada setiap elemen
d. Mengabaikan kebutuhan pengguna dalam interaksi
Jawab: B
Soal 51
Penggunaan multimedia dalam sistem informasi meningkatkan:
a. Kualitas presentasi informasi
b. Keterbatasan penggunaan perangkat keras
c. Penggunaan teks saja dalam penyajian informasi
d. Kecepatan akses data
Jawab: A
Soal 52
Koneksi jaringan yang optimal diperlukan untuk:
a. Menggunakan spreadsheet
b. Streaming dan transfer media
c. Menggunakan perangkat lunak pengolahan teks
d. Mengakses halaman web yang hanya berisi teks
Jawab: B
Soal 53
Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengatur gaya dan tampilan konten web adalah:
a. CSS
b. JavaScript
c. HTML
d. Python
Jawab: A
Soal 54
Efek visual, suara, dan animasi dalam industri hiburan bertujuan untuk:
a. Membuat pengalaman lebih membosankan
b. Tidak ada manfaat nyata bagi industri hiburan
c. Meningkatkan keterlibatan dan imersi dalam cerita atau permainan
d. Mengurangi pengaruh emosional pada audiens
Jawab: C
Soal 55
Format audio yang sering digunakan untuk kompresi dengan kualitas yang baik adalah:
a. WAV
b. GIF
c. MP3
d. AVI
Jawab: C
Soal 56
Alat yang sering digunakan untuk pengeditan audio adalah:
a. Adobe Photoshop
b. Adobe Premiere Pro
c. Microsoft Word
d. Audacity
Jawab: D
Soal 57
Teknik animasi yang menggunakan CSS untuk mengubah properti elemen adalah:a. Animasi SVG
b. Animasi CSS
c. Animasi Flash
d. Animasi GIF
Jawab: B
Soal 58
Konten multimedia dalam hiburan mencakup:
a. Hanya teks
b. Gambar, audio, video, dan animasi
c. Hanya gambar diam
d. Gambar dan teks saja
Jawab: B
Soal 59
Perangkat keras dan perangkat lunak adalah komponen utama dalam:
a. Pengolahan teks
b. Teknologi multimedia
c. Pengenalan suara
d. Streaming musik
Jawab: B
Soal 60
Keuntungan penggunaan platform pembelajaran online adalah:
a. Tidak ada manfaat dalam pembelajaran online
b. Memungkinkan akses materi dari jarak jauh dan fleksibilitas waktu
c. Pembelajaran hanya terbatas pada ruang kelas
d. Pembelajaran menjadi lebih tidak terstruktur
Jawab: B
Soal 61
Kompresi video dilakukan untuk:
a. Menambah durasi video
b. Memperburuk kualitas video
c. Menambah efek visual pada video
d. Mengurangi ukuran file video
Jawab: D
Soal 62
E-commerce menggunakan multimedia untuk:
a. Meningkatkan kerumitan proses pembelian
b. Meningkatkan transparansi dan interaksi dengan produk
c. Hanya menggunakan teks dalam presentasi produk
d. Menyembunyikan informasi produk
Jawab: B
Soal 63
Format gambar GIF biasanya digunakan untuk:
a. Gambar dengan efek transparan
b. File audio
c. Gambar statis
d. Gambar dengan kualitas tinggi
Jawab: C
Soal 64
Format file multimedia populer seperti MP4 dan AVI digunakan untuk:
a. Menyimpan teks
b. Audio dan video
c. Hanya teks
d. Pengolahan gambar
Jawab: B
Soal 65
Contoh penerapan multimedia dalam basis data adalah:
a. Menyimpan hanya teks
b. Menyimpan kode program
c. Menyimpan gambar produk
d. Hanya menyimpan video
Jawab: C
Komentar
Posting Komentar
Semoga bermanfaat dunia dan akhirat