Keamanan Siber

Diskripsi Matakuliah :

Keamanan siber (cybersecurity) adalah praktik untuk melindungi sistem, jaringan, perangkat lunak, perangkat keras, dan data digital dari ancaman, serangan, dan peretasan yang dilakukan oleh pihak yang tidak berwenang. Keamanan siber berfokus pada menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data serta sistem komputer.

Mata kuliah ini menggunakan pendekatan student center learning, yang mengedepankan kemandirian mahasiswa untuk mencari dan menemukan pengetahuan serta membangun kompetensi yang diharapkan.

Capaian Pembelajaran :

  1. CPMK01: Memahami konsep dasar keamanan siber dan ancaman keamanan yang mungkin terjadi pada suatu sistem komputer atau jaringan.
  2. CPMK02: Mengetahui teknik-teknik kriptografi untuk melindungi data dan informasi dari serangan.
  3. CPMK03: Mengerti cara membangun dan mengelola infrastruktur jaringan yang aman dan terlindungi dari serangan.
  4. CPMK04: Mampu melakukan analisis risiko dan membuat kebijakan keamanan yang efektif untuk suatu organisasi atau perusahaan

Ketercapaian kompetensi hardskill :

  1. Keamanan jaringan: Keterampilan untuk merancang, mengkonfigurasi, dan mengelola keamanan jaringan, seperti firewall, deteksi intrusi, dan pengamanan jaringan nirkabel.
  2. Keamanan aplikasi: Keterampilan untuk mengidentifikasi, mengatasi, dan mencegah kerentanan keamanan pada aplikasi web dan mobile.
  3. Keamanan sistem operasi: Keterampilan untuk memperkuat sistem operasi agar lebih aman, seperti konfigurasi pengguna dan hak akses, menginstal patch keamanan, dan memantau aktivitas jaringan.

Ketercapaian kompetensi softskill :

  1. Keterampilan Berpikir Kritis, Mahasiswa akan diajarkan untuk menganalisis situasi keamanan yang kompleks dan menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi suatu masalah.
  2. Keterampilan Pemecahan Masalah, Mereka akan belajar untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah keamanan siber dengan cepat dan efektif.
  3. Keterampilan Manajemen Proyek, Mahasiswa akan belajar untuk mengelola proyek keamanan siber, mengidentifikasi risiko, mengatur prioritas, dan memastikan bahwa proyek tersebut diselesaikan tepat waktu dan dalam anggaran yang ditetapkan

Petunjuk mempelajari bahan ajar

Mahasiswa mendownload materi pdf yang sudah disiapkan di setiap pertemuan, mahasiswa bisa menambah sumber belajar dari media lain seperti buku, E-book,  Internet dan lain-lain untuk menambah wawasan. Setelah itu mahasiswa membaca materi yang sudah di download dan silahkan mengerjakan tugas di pertemuan tersebut, tugas bisa dikerjakan selama 7x24jam dan tidak ada batas mengerjakan atau bisa diulang-ulang tanpa batas. Mahasiswa mengisi forum diskusi yang sudah disiapkan dosen. 

Learning Outcomes : 

  1. Memahami konsep keamanan siber
  2. Mengetahui teknologi keamanan
  3. Mengetahui hukum dan etika keamanan siber
  4. Mampu melakukan analisis keamanan
  5. Mampu mengembangkan strategi keamanan
  6. Mampu memahami dan menggunakan teknologi keamanan siber yang terkini untuk melindungi sistem dan data

Untuk Bobot penilaian dalam matakuliah ini sebagai berikut :

Penilaian terdiri dari minimal 4 CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah) yaitu : CPMK01,CPMK02,CPMK03,CPMK02 masing-masing berbobot 25%

Masing-masing CPMK terdiri dari :

  • TUGAS = 20%
  • DISKUSI = 20%
  • SOFTSKILLS KEAKTIFAN = 15%
  • SOFTSKILLS KEMANDIRAN = 15%
  • Ujian CPMK01 = 30%
Peta kompetensi:




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan Calon Programmer di YABB

Belajar Plugin Wordpress Gwolle Guestbook untuk Aplikasi Buku Tamu