Pengantar Teknologi Informasi

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini membahas prinsip dan terminologi teknologi informasi, memperkenalkan perangkat keras, perangkat lunak dan jaringan komputer serta memampukan mahasiswa menggunakan aplikasi teknologi informasi.

Capaian Pembelajaran :

CPMK 01 : Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian atau definisi dari teknologi, informasi, dan perkembangannya.

CPMK 02 : Mahasiswa mampu memahami pengertian dari sistem komputer.

CPMK 03 : Mahasiswa mampu memahami pengertian dari jaringan komputer.

CPMK 04 : Mahasiswa mampu menerapkan aplikasi komputer yaitu Ms.Office (Ms.Word, Ms.Excel, dan Ms.Access) dalam menyelesaikan masalah.

Petunjuk mempelajari bahan ajar

Mahasiswa mendownload materi pdf yang sudah disiapkan di setiap pertemuan, mahasiswa bisa menambah sumber belajar dari media lain seperti buku, E-book,  Internet dan lain-lain untuk menambah wawasan. Setelah itu mahasiswa membaca materi yang sudah di download dan silahkan mengerjakan tugas di pertemuan tersebut, tugas bisa dikerjakan selama 7x24jam dan tidak ada batas mengerjakan atau bisa diulang-ulang tanpa batas. Mahasiswa mengisi forum diskusi yang sudah disiapkan dosen.

Penilaian :

Untuk Bobot penilaian dalam matakuliah ini sebagai berikut :
  • Penilaian terdiri dari minimal 4 CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah) yaitu : CPMK01,CPMK02,CPMK03,CPMK02 masing-masing berbobot 25%
  • Masing-masing CPMK terdiri dari :
  • TUGAS = 20%
  • DISKUSI = 20%
  • SOFTSKILLS KEAKTIFAN = 15%
  • SOFTSKILLS KEMANDIRAN = 15%
  • Ujian CPMK01 = 30%

Pertemuan 1 : Pengenalan Teknologi Informasi


Bagaimana kabar kalian semua, semoga saja diberikan kesehatan. Berjumpa kembali dengan kuliah ini. Pada pertemuan ini kita akan membahas : 
  • Pengertian teknologi dan informasi.
  • Perkembangan teknologi dan informasi
  • Contoh penerapan teknologi dan informasi
  • Tokoh-tokoh dunia dalam perkembangan teknologi dan informasi
  • Tetap semangat mengikuti perkuliahan ya!
Materi video:


Quiz Pengenalan Teknologi Informasi

Nilai: 80

Soal 1

Beliau dikenal sebagai penemu komputer. Perjalanannya dalam penemuan komputer dimulai saat 1882 saat ia menciptakan mesin penghitung yang dapat menjalankan perhitungan aritmatika. Beliau dikenal sebagai "Bapak Komputer" karena kontribusinya dalam menemukan mesin penghitung yang berkembang menjadi komputer.

Tokoh yang dimaksud adalah....

a. Alan Turing
b. Charles Babbage
c. Grace Hopper
d. John Von Neumann
e. Ada Lovelace

Jawab: B

Soal 2

Salah satu komponen Teknologi Informasi yang berperan sangat penting dalam menjalankan software dan hardware adalah...

a. Random Access Memory (RAM)
b. Speaker
c. CPU
d. Read Only Memory (ROM)
e. Brainware

Jawab: A

Soal 3

Era Globalisasi Informasi ditandai dengan kemunculan...

a. Teknologi komputer mainframe
b. Teknologi Bahasa Assembly
c. Teknologi mengolah database, spreadsheet, dan data processing(end-user computing)
d. Teknologi Internet
e. Teknologi komputer minicomputer

Jawab: D

Soal 4

[Pilih 2 jawaban benar] Periode komputerisasi dimulai sekitar tahun 1960. Pada masa ini komputer digunakan untuk pengolahan data dan meningkatkan efisiensi pekerjaan. Contoh komputer pada masa ini yaitu...

a. Mainframe
b. Minicomputer 
c. IBM Pentium II
d. IBM 370
e. Aplle II

Jawab: A dan B

Soal 5

Ciri komputer generasi I ditandai dengan...

a. Menggunakan system operasi (OS)
b. Komputer menggunakan bahasa assembly
c. Pemrosesan dan penyimpanan data menggunakan tabung vakum (Vacum tube)
d. Perkembangan komputer pada generasi ini menggunakan teknologi transistor.
e. Menggunakan bahasa pemrograman seperti COBOL danFORTRAN

Jawab: C

Soal 6

Piranti  atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya dapat dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung. merupakan komponen yang memiliki bentuk nyata. Merupakan penggambaran komponen....

a. Brainware
b. Internet
c. Hardware
d. Software
e. LAN

Jawab: C

Soal 7

IBM Pentium II, Aplle II, IBM 370 merupakan contoh komputer generasi ke...

a. Generasi I
b. Generasi II
c. Generasi V
d. Generasi III
e. Generasi IV

Jawab: D

Soal 8

Berikut ini merupakan pernyataan yang benar mengenai teknologi informasi, kecuali...

a. awal mula teknik komputasi diawali dengan penggunaan sempoa (abascus)
b. Teknologi Komunikasi secara harfiah tidak dapat disatukan dengan teknologi informasi
c. Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
d. Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
e. Komputer mengolah input berupa data dengan menggunakan program kemudian menghasilkan keluaran (output) berupa informasi.

Jawab: B

Soal 9

Istilah lain dari teknologi komputer adalah...

a. Teknologi Informasi
b. Virtual Reality
c. Teknologi Komunikasi
d. Cloud System
e. Komputasi Sistem Cerdas

Jawab: A

Soal 10

Teknologi masukan (input) berfungsi untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam sistem komputer. Data yang masuk kemudian akan ditransformasikan dalam sebuah informasi berupa data-data atau perintah pada komputer. Berikut ini termasuk alat input yang memasukkan  inputan berupa gambar adalah...

a. Pen Tablet (Pentab)
b. Monitor
c. Mouse
d. Speaker
e. Keyboard

Jawab: A

Pertemuan 2 : PemanfaatanTeknologi Informasi

Assalammu'alaikum wr. wb.

Setelah mengenali teknologi informasi, selanjutnya kita akan mempelajari pemanfaatan teknologi informasi dalam berbagai bidang, baik itu bidang kesehatan, keamanan, idustri, dan lain sebagainya. Yuk kita pelajari bersama-sama.

Materi video:



Deskripsi Tugas: 
  • Buatlah sebuah resume tentang film/game/animasi yang teman-teman gemari, max. 2 lembar.
  • simpan dokumen dengan penamaan "kelas_nim_nama"
  • Resume dikumpulkan dalam bentuk pdf / word.
  • Selamat mengerjakan!

Pertemuan 3 : Hardware


Assalammu'alaikum wr. wb

Pernah gak sih merasa perangkat komputer itu banyak banget? Ini gunanya buat apa? Itu gunanya buat apa? Pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai hardware atau yang biasa kita kenal dengan perangkat keras komputer. Materi kita hari ini akan membahas :
  • Pengertian hardware, dan contohnya, dan
  • Macam-macam hardware beserta contohnya
Tetap semangat ya!

Materi PDF: Hardware

Quiz pertemuan 3 Nilai 90/100

Soal 1


Tiga bagian utama dari CPU adalah...

a. unit kendali (control unit), input unit, output unit
b. unit kendali (control unit), unit aritmatika dan logika (arithmetic and logic unit), Input unit
c. unit kendali (control unit), unit aritmatika dan logika (arithmetic and logic unit), output unit
d. input unit, output unit, unit aritmatika dan logika (arithmetic and logic unit)
e. unit kendali (control unit), unit aritmatika dan logika (arithmetic and logic unit), unit penyimpan berukuran kecil (register)

Jawab: C

Soal 2

Berikut ini yang merupakan external memory adalah...

a. Digital Versatile Disc (DVD), magnetic tape, ROM, RAM
b. Digital Versatile Disc (DVD), magnetic tape, Flashdisk, ROM
c. Digital Versatile Disc (DVD), magnetic tape, Flashdisk, RAM
d. floppy disk, Digital Versatile Disc (DVD), magnetic tape, Flashdisk
e. ROM dan RAM

Jawab: D

Soal 3

Komponen alat masukan yang memasukkan input berupa huruf, abjad, tanda baca, angka, adalah...

a. Scanner
b. 
c. Hand Gloves
d. Google Assistant
e. 

Jawab: B

Soal 4

Komponen hardware dibagi menjadi 5 macam. Berikut ini merupakan komponen alat masukan (input device), kecuali...

a. Sensor
b. Automatic Speech Recognition
c. Mesin EDC
d. Printer
e. Scanner

Jawab: D

Soal 5

Berikut ini merupakan komponen pendukung yang melengkapi kerja dari komputer, kecuali...

a. Power supply
b. CPU
c. VGA card dan Sound card
d. Case
e. Motherboard ( mainboard )

Jawab: B

Soal 6

Piranti atau sebuah komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung dengan kata lain memiliki bentuk nyata. Merupakan pengertian dari perangkat?

a. Rekayasa perangkat lunak
b. Software
c. Jaringan Komputer
d. Algoritma
e. Hardware

Jawab: E

Soal 7

Apa yang harus dipertimbangkan saat anda ingin membeli komputer?

a. mengikuti tren
b. Pilih spesifikasi komputer sesuai dengan kebutuhan yang sudah ditentukan sebelumnya, seperti prosesor, RAM, memory, video card.
c. Diskon atau potongan harga yang besar
d. Sama seperti yang teman miliki
e. Warna dan bentuknya yang menarik

Jawab: B

Soal 8


Salah satu keuntungan menggunakan perangkat keras (hardware) ini adalah...

a. Tempat pemrosesan instruksi-instruksi program
b. Mengubah inputan berupa arus listrik AC yang kemudian diubah menjadi arus DC serta menstabilkan tegangan listrik
c. Menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor.
d. Tempat penyimpanan memori dimana data yang tersimpan tersebut tidak akan hilang walaupun tidak ada listrik yang mengalirinya
e. Merupakan komponen circuit board utama yang menghubungkan banyak komponen lain

Jawab: B

Soal 9

Rina membeli flashdisk 1 GB berarti kapasitas flasdisk Rina adalah berapa Mega Bytes (MB)?

a. 100
b. 1000
c. 1024
d. 1042
e. 10240

Jawab: C

Soal 10

Perangkat Main memory/internal memory ada 2 macam yaitu ROM dan RAM. Perangkat memori yang hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat diisi adalah ROM. Pernyataan tersebut adalah benar atau salah?

Pilih satu:
a. Benar
b. Salah

Jawab: A

Pertemuan 4 - Software


Assalammu'alaikum wr. wb

Setelah teman-teman memahami apa itu hardware, kita akan masuk kedalam pembahasan software. Hardware di dalam komputer tidak bisa dijalankan tanpa adanya software. Pada pertemuan ini kita akan mengulik tentang software. Pokok bahasan pada pertemuan ini yaitu :
  1. Pengertian Software
  2. Ciri-ciri Software
  3. Karakteristik software yang baik
  4. Jenis-jenis software berdasarkan fungsinya
  5. Perangkat lunak sistem
  6. Sistem operasi
  7. Macam sistem operasi

Materi PDF: Software

Quiz Pertemuan 4 Nilai 90/100

Soal 1

Program yang membantu komputer untuk mengendalikan peranti-peranti peripheral disebut dengan.....

a. Penerjemah bahasa
b. Device driver
c. Utilitas
d. Sistem operasi
e. Hardisk

Jawab: B

Soal 2


Manfaat dalam menggunakan Task Manager salah satunya adalah Anda dapat melihat berapa banyak memori yang digunakan suatu program, menghentikan program yang dibekukan, dan melihat sumber daya sistem yang tersedia. Task Manager dibuka dengan menekan Ctrl+Shift+Esc pada keyboard.

Task Manager termasuk kategori manakah dalam fungsi utama system operasi?

a. Manajemen proses
b. Manajemen program
c. Manajemen data
d. Manajemen sumber daya
e. Output

Jawab: D

Soal 3


Pengenalan wajah (face recognition) adalah suatu system dalam pengimplementasiannya digunakan untuk mengenali wajah pengendara. Selain itu untuk mendeteksi tingkat kelelahan kita memerlukan definisi dari face  landmarks untuk membantu menentukan status kelelahan dari pengemudi. Dengan menggunakan fitur-fitur yang berada pada face landmarks, kita bisa melihat lebih detail kondisi mata, kondisi mulut, hidung,  dan dahi dari pengemudi. Face recognition termasuk kategori jenis manakah software berdasarkan fungsinya?

a. Artificial Intelligence Software
b. Engineering/Scientific Software
c. Product-line Software
d. Application Software
e. System Software

Jawab: A

Soal 4


Apa itu MATLAB?

Matematika merupakan ilmu yang dikenal sebagai "The Mother of Science" sudah tentu, MATLAB dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan matematika baik dari perhitungan biasa, simulasi fungsi maupun pemodelan matematika.

Software MATLAB termasuk dalam kategori manakah dalam jenis-jenis software berdasarkan fungsinya?

a. Application software
b. Web Application
c. System software
d. Product-line software
e. Embedded Software

Jawab: A

Soal 5

Software yang menggunakan algoritma numerik tertentu untuk menyelesaikan masalah dalam bidang teknik dan sains termasuk kedalam jenis software?

a. Embedded Software
b. Web Application
c. Artificial Intelligence Software
d. Product-line Software
e. Engineering/Scientific Software

Jawab: E

Soal 6

Berikut ini yang termasuk kedalam Software Development Life Cycle (SDLC), kecuali...

a. Perencanaan
b. Analisis
c. Perancangan
d. Pembuatan program
e. Deployment (Penerapan)

Jawab: E

Soal 7


Perangkat lunak dasar yang berfungsi sepenuhnya untuk mengendalikan system komputer, contohnya seperti Windows, UNIX, dan Linux. Perangkat lunak dasar tersebut disebut sebagai?

a. Device driver 
b. Pemakai
c. Penerjemah bahasa
d. Perangkat keras
e. Sistem operasi 

Jawab: E

Soal 8

Berikut ini merupakan sistem operasi pada ponsel, kecuali.....

a. Symbian, iOS dan Blackberry OS
b. Windows, Linux dan Unix
c. Java, Android OS dan Symbian
d. Blackberry OS, iOS dan Android OS
e. Java,  Android OS dan Blackberry OS

Jawab: B

Soal 9

Definisi dari software adalah....

a. Suatu teknologi yang digunakan untuk memudahkan individu satu dengan individu yang lainnya agar dapat menjalin komunikasi yang lebih baik.
b. Suatu teknologi yang menggunakan perangkat elektonika khususnya komputer.
c. piranti atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung (memiliki bentuk nyata)
d. Suatu program komputer yang dapat mengolah data dan memberikan dokumentasi yang memberikan penjelasan mendetail mengenai fungsi dan cara penggunaan program tersebut.
e. Sesuatu yang dapat menggunakan atau mengoperasikan sebuah perangkat komputer.

Jawab: D

Soa 10

Rudi lebih memilih menggunakan Operating System (OS) Windows dibandingkan menggunakan linux karena instalasi aplikasi lebih mudah. Merupakan karakteristik software yang manakah yang menggambarkan kemudahan untuk dioperasikan oleh pengguna?

a. Dependenability
b. Usability
c. Eficiency
d. Maintainability

Jawab: B

Pertemuan 5 - Sistem Bilangan pada Komputer


Assalammu'alaikum wr. wb

Apa kabar teman-teman? Semoga teman-teman sehat selalu ya... Kita bertemu kembali pada pertemuan ke 5, dimana pada pertemuan ke 5 ini kita akan membahas sistem bilangan pada komputer. Kenapa kita harus belajar sistem bilangan pada komputer? Karena merupakan hal penting dalam proses sebuah data. Terkait dengan kompetensi keahlian Jaringan komputer, memahami sistem bilangan adalah pondasi dalam menguasai ilmu jaringan dan pertukaran informasi data. Pada pertemuan ini kita akan mempelajari :

1. Jenis sistem bilangan komputer
2. Konversi sistem bilangan komputer

Video Part 1
Video Part 2

Video Part 3

Materi PDF: Sistem Bilangan pada Komputer

Quiz Pertemuan 5

Soal 1

E17(16) adalah contoh bilangan? 

a. Hexadesimal
b. Tetra
c. Biner
d. Desimal
e. Oktal

Jawab: A

Soal 2

Hitunglah konversi bilangan di bawah ini :

1100100 (2) = …….. (10)

Berapakah hasil konversi bilangan biner ke desimal tersebut ?

a. 150
b. 1000
c. 10
d. 10000
e. 100

Jawab: E

Soal 3

Hitunglah konversi bilangan di bawah ini :

100 (10) = ……  (2)

Berapakah hasil konversi bilangan desimal ke biner tersebut ?

a. 1010110
b. 1011001
c. 1100100
d. 0000000
e. 1111111

Jawab: C

Soal 4

Berikut adalah manfaat pembelajaran konversi bilangan biner, kecuali.......

a. Representasi Data: Sistem bilangan komputer digunakan untuk merepresentasikan data di dalam komputer
b. Kebutuhan Profesional: Pemahaman tentang sistem bilangan komputer merupakan kebutuhan wajib bagi para profesional di bidang teknologi informasi,
c. Pemecahan Masalah: Keterampilan dalam sistem bilangan komputer dapat membantu dalam pemecahan masalah di bidang teknologi informasi, seperti mengidentifikasi masalah dengan data atau instruksi yang salah.
d. Pemrograman: Bahasa pemrograman seringkali menggunakan bilangan heksadesimal dan oktal, sehingga pemahaman tentang sistem bilangan komputer dapat membantu kita dalam pemrograman dan debugging.
e. Rasa percaya diri : dengan mempelajari konversi bilangan biner akan membuat kita lebih percaya diri

Jawab: E

Soal 5

Hitunglah konversi bilangan di bawah ini :

246 (8) = ……  (16)

Berapakah hasil konversi bilangan oktal ke hexadesimal tersebut ?

a. 3F
b. 80E
c. 13E
d. 66
e. a6

Jawab: E

Pertemuan Tatap Maya - Dosen (28 Maret 2023)

Pertemuan tatap maya dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2023 jam 20.00.


Pertemuan 6 - Aritmatika Bilangan Biner


Aritmatika Bilangan Binner merupakan beberapa operasi perhitungan yang terjadi dalam bilangan biner. Terdapat 4 operasi aritmatika pada bilangan biner, antara lain:

Penjumlahan
Pengurangan
Perkalian
Pembagian
Tetap semangat mengikuti perkuliahan sampai akhir ya! 


Materi PDF: Aritmatika Bilangan Komputer

Quiz Pertemuan 6 Nilai 20/100

Soal 1

Berapakah hasil pengurangan bilangan desimal berikut dalam bentuk bilangan biner?

 25 + 8 = .......... (2)

a. 100000 (2)
b. 100001 (2)
c. 110000 (2)
d. 111000 (2)
e. 100011 (2)

Jawab: B

Soal 2

Berapakah hasil pengurangan bilangan desimal berikut dalam bentuk bilangan biner?

(-9) + (-4) = .......... (2)

a. 110011(2)
b. 110001(2)
c. 110000(2)
d. 111111(2)
e. 001111(2)

Jawab: A

Soal 3

Berapakah hasil pengurangan bilangan desimal berikut dalam bentuk bilangan biner?

 65 - 10 = .......... (2)

a. 111011(2)
b. 101111(2)
c. 000001(2)
d. 110111(2)
e. 111111(2)

Jawab: E

Soal 4

Berapakah hasil pengurangan bilangan desimal berikut dalam bentuk bilangan biner?

 50 - 100 = .......... (2)

a. 1101110(2)
b. 1001110(2)
c. 1111111(2)
d. 1001111(2)
e. 0000000(2)

Jawab: A

Soal 5

Berapakah hasil perkalian bilangan desimal berikut dalam bentuk bilangan biner?

5 x 4 = .......... (2)

a. 100(2)
b. 11100(2)
c. 10000(2)
d. 10100(2)
e. 10001(2)

Jawab: C

Pertemuan 7 - Basis Data



Basis Data merupakan bidang Teknologi Informasi yang mempelajari tentang pengolahan data berbasis elektronik, mulai dari pembuatan, penyuntingan, pengelompokkan, sampai bagaimana melakukan manajemen data yang terstruktur agar dicapai hasil yang sesuai dengan yang diinginkan. Pada pertemuan ini kita akan membahas :
  1. Pengertian dari data, objek dan kejadian.
  2. Bentuk dari database yaitu tradisional database dan multimedia database.
  3. Kelompok database diantaranya transaksional database dan data warehouse
  4. Software untuk mengakses database
  5. Data Definition Language (DDL)
  6. Data Manipulation Language (DML)

Quiz Pertemuan 7 Nilai 90/100

Soal 1

Software database yang dapat digunakan dalam membangun sebuah database adalah.....

a. Blender
b. Autodesk Sketch Book Pro
c. MySQL
d. Adobe Illustrator
e. Nitro PDF

Jawab: C

Soal 2


Pernyataan yang benar mengenai pemrosesan data pada database / DBMS adalah.....

a. Setiap aplikasi menggunakan satu tipe file yang spesifik
b. Setiap data dapat disimpan secara terorganisir dalam satu tempat.
c. Menyimpan data dalam bentuk tipe data seperti numerik, dan karakter
d. Masing-masing aplikasi memiliki file data sendiri
e. File data tidak saling terhubung

Jawab: B

Soal 3

Data Manipulation Language(DML) adalah bahasa yang memungkinkan pengguna untuk mengakses atau memanipulasi data sebagaimana diatur oleh model data yang sesuai. Jenis akses untuk memasukkan data ke dalam tabel adalah dengan menggunakan perintah?

a. UPDATE
b. INSERT
c. ALTER
d. SELECT
e. DELETE

Jawab: B

Soal 4

Data Definition Language (DDL) adalah kategori SQL yang digunakan untuk mengelola objek atau mendefinisikan skema basisdata. Contoh penggunaan sytax  untuk menghapus tabel adalah.....

a. INSERT INTO Mahasiswa VALUES (09872161, Latifah Iriani, Sibermu);
b. DELETE from Mahasiswa WHERE nim = '09872161', nama = 'Latifah Iriani', asal = 'Sibermu';
c. ALTER TABLE Mahasiswa
d. DROP TABLE Mahasiswa
e. CREATE TABLE Mahasiswa

Jawab: D

Soal 5


yang disebut dengan kumpulan field yg berhubungan, menyimpan informasi dari suatu entitas

a. Field
b. File / Table
c. Record
d. Database
e. Bit

Jawab: C

Soal 6

Komponen dalam system database adalah..... 

a. Data, entitas, event, procedure, people
b. Numerik, karakter, image, graphics, audio
c. bit, byte, field, record, file / table
d. Hardware, software, people, procedure, data
e. Hardware, software, people, procedure

Jawab: A

Soal 7

Berikut ini yang termasuk lingkungan entitas dari universitas adalah...

a. Dosen, mahasiswa, mata kuliah, jadwal kuliah, IPK, IPS
b. Penjualan, pengiriman, karyawan, supplier, pembeli, barang, 
c. Anggota, foto, jenis kelamin, pekerjaan, agama, alamat.
d. Guru, siswa, mata pelajaran, ekstrakurikuler, jadwal pelajaran.
e. nasabah, teller, saldo tabungan, angsuran.

Jawab: A

Soal 8

Berikut ini yang termasuk objek (entitas), kecuali.....

a. Motor
b. Mobil
c. Karyawan
d. Udara
e. Mahasiswa

Jawab: D

Soal 9

Pengertian data adalah....

a. Kumpulan dari beberapa bit, berupa huruf, angka, atau simbol
b. Benda, orang, atau peristiwa yang ada di dunia nyata
c. Representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek yang disimpan dalam bentuk teks, angka,  gambar, bunyi, simbol, atau kombinasinya
d. Sebuah objek yang komplek untuk menyimpan informasi yang terstruktur, yang diorganisir, dan disimpan dalam suatu cara yang memungkinkan informasi diakses secara cepat
e. Kejadian yang menimpa table seperti penambahan, perubahan, maupun penghapusan data

Jawab: C

Soal 10

People / user / pengguna dianggap sebagai orang-orang yang mempunyai wewenang untuk melakukan interaksi dengan sistem basis data dan mereka membutuhkan informasi yang ada didalamnya. Berikut yang termasuk people / user / pengguna dalam system database,  kecuali...

a. Database designers
b. System analysts and programmers
c. Technicion computer
d. System administrators
e. Database administrators

Jawab: C

Pertemuan 8 - Ujian CPMK 1 dan 2


Assalammu'alaikum wr. wb

Bagaimana kabar kalian semua, semoga saja diberikan kesehatan. Berjumpa kembali dengan saya Latifah Iriani. Sebelum pertemuan ke 8 ini kita mulai, silahkan membaca doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Dipertemuan ini kita akan melakukan ujian CPMK 1 dan 2. 

Ujian CPMK 01

Soal 1


Beliau dikenal sebagai penemu komputer. Perjalanannya dalam penemuan komputer dimulai saat 1882 saat ia menciptakan mesin penghitung yang dapat menjalankan perhitungan aritmatika. Beliau dikenal sebagai "Bapak Komputer" karena kontribusinya dalam menemukan mesin penghitung yang berkembang menjadi komputer.

Tokoh yang dimaksud adalah....

a. Alan Turing
b.  John Von Neumann
c. Ada Lovelace
d. Grace Hopper
e. Charles Babbage

Jawab: E

Soal 2


Tiga bagian utama dari CPU adalah...

a. unit kendali (control unit), unit aritmatika dan logika (arithmetic and logic unit), output unit
b. unit kendali (control unit), unit aritmatika dan logika (arithmetic and logic unit), Input unit
c. unit kendali (control unit), unit aritmatika dan logika (arithmetic and logic unit), unit penyimpan berukuran kecil (register)
d. input unit, output unit, unit aritmatika dan logika (arithmetic and logic unit)
e. unit kendali (control unit), input unit, output unit

Jawab: A

Soal 3

Apa manfaat dari telemedicine dalam bidang kesehatan?

a. Menurunkan kualitas pelayanan kesehatan
b. Meningkatkan kesulitan dalam akses pelayanan kesehatan
c. Meningkatkan ketergantungan pada teknologi
d. Meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas pelayanan kesehatan
e. Meningkatkan biaya pengobatan

Jawab: D

Soal 4

Apa alasan utama perusahaan menggunakan teknologi dalam bisnis?

a. Tidak ada manfaatnya
b. Menghindari kompetisi bisnis
c. Menyelesaikan masalah atau problematika dalam bisnis
d. Menambahkan hiburan dalam bisnis
e. Tidak membutuhkan teknologi dalam bisnis

Jawab: C

Soal 5

Apa keuntungan dari penggunaan teknologi machine learning dalam game?

a. Meningkatkan risiko kehilangan data game
b. Meningkatkan pengalaman bermain game yang personal dan adaptif
c. Meningkatkan kecepatan koneksi internet
d. Meningkatkan ketergantungan pada teknologi
e. Menurunkan biaya pengembangan game

Jawab: B

Soal 6

Era Globalisasi Informasi ditandai dengan kemunculan...

a. Teknologi Bahasa Assembly
b. Teknologi komputer minicomputer
c. Teknologi mengolah database, spreadsheet, dan data processing(end-user computing)
d. Teknologi komputer mainframe
e. Teknologi Internet

Jawab: E

Soal 7

Piranti  atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya dapat dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung. merupakan komponen yang memiliki bentuk nyata. Merupakan penggambaran komponen....

a. Brainware
b. Internet
c. Software
d. Hardware
e. LAN

Jawab: D

Ujian CPMK 02 Nilai 90/100

Soal 1

Bilangan 55(8)  merupakan contoh bilangan ?

a. Biner
b. Hexadesimal
c. Oktal
d. Tetra
e. Desimal

Jawab: C

Soal 2

Apa bentuk bilangan biner dari 1984 dalam 8 bit?

a. 11111000000
b. 10000000000
c. 11100000000
d. 11110000000
e. 11000000000

Jawab: A

Soal 3

Berikut adalah manfaat pembelajaran konversi bilangan biner, kecuali.......

a. Pemrograman: Bahasa pemrograman seringkali menggunakan bilangan heksadesimal dan oktal, sehingga pemahaman tentang sistem bilangan komputer dapat membantu kita dalam pemrograman dan debugging.
b. Representasi Data: Sistem bilangan komputer digunakan untuk merepresentasikan data di dalam komputer
c. Rasa percaya diri : dengan mempelajari konversi bilangan biner akan membuat kita lebih percaya diri
d. Pemecahan Masalah: Keterampilan dalam sistem bilangan komputer dapat membantu dalam pemecahan masalah di bidang teknologi informasi, seperti mengidentifikasi masalah dengan data atau instruksi yang salah.
e. Kebutuhan Profesional: Pemahaman tentang sistem bilangan komputer merupakan kebutuhan wajib bagi para profesional di bidang teknologi informasi,

Jawab: C

Soal 4

Dalam sistem bilangan biner, berapakah hasil dari operasi aritmatika berikut ini: 11001 + 11001 = ?

a. 110010
b. 100010
c. 100001
d. 100000
e. 111010

Jawab: A

Soal 5

Berapakah hasil pengurangan bilangan desimal berikut dalam bentuk bilangan biner?

 65 - 10 = .......... (2)

a. 000001(2)
b. 101111(2)
c. 110111(2)
d. 111011(2)
e. 111111(2)

Jawab: D

Soal 6

Berapakah hasil perkalian bilangan desimal berikut dalam bentuk bilangan biner?

5 x 4 = .......... (2)

a. 10000(2)
b. 11100(2)
c. 100(2)
d. 10001(2)
e. 10100(2)

Jawab: D

Soal 7


Pernyataan yang benar mengenai pemrosesan data pada database / DBMS adalah.....

a. File data tidak saling terhubung
b. Masing-masing aplikasi memiliki file data sendiri
c. Setiap data dapat disimpan secara terorganisir dalam satu tempat.
d. Menyimpan data dalam bentuk tipe data seperti numerik, dan karakter
e. Setiap aplikasi menggunakan satu tipe file yang spesifik

Jawab: C

Soal 8

Komponen dalam system database adalah..... 

a. Numerik, karakter, image, graphics, audio
b. Hardware, software, people, procedure
c. Hardware, software, people, procedure, data
d. Data, entitas, event, procedure, people
e. bit, byte, field, record, file / table

Jawab: C

Soal 9

Berikut ini yang termasuk objek (entitas), kecuali.....

a. Karyawan
b. Udara
c. Mobil
d. Motor
e. Mahasiswa

Jawab: B

Soal 10

People / user / pengguna dianggap sebagai orang-orang yang mempunyai wewenang untuk melakukan interaksi dengan sistem basis data dan mereka membutuhkan informasi yang ada didalamnya. Berikut yang termasuk people / user / pengguna dalam system database,  kecuali...

a. System administrators
b. Database administrators
c. Database designers
d. System analysts and programmers
e. Technicion computer

Jawab: E

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIPD Penatausahaan Kemendagri

Kelas Algoritma Pemrograman