Evaluasi Rabu 14-10-2020 (Gagal Masak Kacang Atom)

04:10 WIB bangun pagi setelah sebelumnya rebahan agar tidak terlalu ngantuk karena tadi waktu bangun jam 04:00 WIB masih lumayan susah untuk membuka mata. Langsung ambil handuk dan mandi pagi. Dilanjutkan sholat subuh sendiri di rumah dan kemduian membaca Al-Quran. Alhamdulillah tadi saat selesai sholat dek Ashiyah jadi ikut terbangun. Sambil sedikit sempoyongan dia berjalan keluar dari kamar.

05:00 WIB ke dapur untuk membuat minuman jahe hangat. Selanjutnya mau mencoba masak kacang atom. Saya sudah menyiapkan kacang kupas sekitar satu gengam sisa hari sebelumnya yang sebagian sudah di rebus dan di goreng pasir. Saya mulai dengan menyiapkan satu siung bawang putih dihaluskan bersama garam kemudian dicampur air dan tempung kanji. Kemudian adonan ini di panaskan agar mengental.

Adonan bumbu basah akhirnya menjadi kental seperti lem. Saya terlalu banyak menuangkan tepung kanji dan juga kondisi api terlalu besar 😅. Daripada adonan tidak dipakai akhirnya saya tuang kacang kupas ke bumbu kental, jadilah adonan yang antah berantah. Seperti adonan bakso, kemudian saya goreng semuanya. Setelah matang hasilnya jadi seperti kerupuk isi kacang yang lengket 😅.

Lumayan buat nambah pengalaman masak kacang atom yang gagal. Evaluasi untuk kelanjutnya adalah:

  • Tepung kanji untuk bumbu basah sedikit saja, agar tidak terlalu kental
  • Api untuk memanaskan bumbu basah kecil saja agar bumbu tidak terlalu kental

08:30 WIB sampai di kantor. Melakukan ativitas seperti biasanya. Hari ini makan siang di luar karena istri tidak sempat untuk menyiapkan bekal kotak nasi. Alhamdulillah selesai makan siang saya mampir ke kantor telkom Magetan untuk membayar tagihan indihome. Mumpung masih tanggal 14 karena batas akhir pembayarannya adalah tanggal 20. Saya takut lupa kalau menunda-nunda pembayarannya, walaupun pada kenyataannya saya baru membayar pada hari ini, yang mana seharusnya bisa dibayar sejak tanggal 5 kemarin 😅.

16:15 WIB pulang kantor. Sampai di rumah segera ganti baju dan ngecek pekerjaan tukang. Alahmdulillah bagian depan sudah 98% setelah bagian pinggirnya dipasang keramik. Menyisakan bagian pinggir pintu lipat dan pintu barat yang tidak bisa ditutup. Selesai menyalakan lampu dan mengunci pintu kemudian memandikan mas Shalih yang agak susah diajak mandi. Perlu diajak gulat dulu baru bersedia mandi. Itu pun masih aja minta mandi pakai air hangat 😅. Sepanjang mandi sampai selesai dia teriak "Aku mau mandi air hangat".

17:45 WIB selesai mandi saya ajak anak-anak untuk sholat magrib di mushola. Alhamdulillah semua ikut berangkat. Selesai magrib kemudian pulang dan nonton Upin-Ipin sambil bercengkrama di ruang tengah. Saya sengaja hari ini habis magrib tidak makan malam agar nanti pas waktu isya bisa sholat di mushola. Benar saja, sesuai rencana 18:45 WIB anak-anak berhasil saya ajak ke mushola lagi untuk sholat isya berjamaah.

Selesai dari mushola baru kami makan malam. Saya menghabiskan tumis kangkung dan kacang atom gagal yang saya masak tadi pagi. tambah lauk telor dan ikan nila goreng. Alhamdulillah anak-anak mau makan beberapa suap.

Saya jadi kepikiran untuk ngajak anak-anak dari magrib sampai isya di mushola saja. Tidak perlu pulang, hanya saja saya harus menyiapkan kegiatan apa yang akan dilakukan di mushola nanti. Mungkin perlu bawa bekal makanan juga sih, biar anak-anak bisa ngemil makanan. Bawa HP juga untuk membantu komunikasi. Daripada pulang ke rumah dan nonton TV terus dan kadang jadi malas untuk berangkat ke mushola lagi.

20:00 WIB setelah makan malam langsung bersiap untuk tidur. Sebelum tidur alhamdulillah bisa berdoa seperti biasanya. Hanya saja sesaat sebelum tidur saya tergoda untuk membuka HP. Jadilah saya scroll-scroll beranda FB. Sampai jam 22:00 WIB baru bisa berhenti main HP setelah batrainya habis 😅.

Demikian catatan evaluasi kali ini. Semoga bermanfaat dan salam semangat.

Catatan:

Gambar oleh Engin Akyurt dari Pixabay

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan Calon Programmer di YABB

Belajar Plugin Wordpress Gwolle Guestbook untuk Aplikasi Buku Tamu