Catatan Harian 30-08-2020 (Belajar ber-Komunikasi)

Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay 

Belajar ilmu komunikasi sangat wajib dilakukan oleh setiap manusia. Sederhananya berkomunikasi adalah menyampaikan apa yang ada dalam pikiran ke pada orang lain. Proses penyampaian informasi ini sering kali tidak tepat, yang pada akhirnya malah membuat apa yang menjadi tujuan berkomunikasi tidak tersampaikan dan malah menghasilkan tujuan yang bertolak belakang.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak Kita temukan bagaimana dalam satu keluarga, suami dan istri tidak mau saling berkomunikasi atau sama-sama mendiamkan pasangannya karena tidak sependapat dalam beberapa hal. Jika ditelaah lebih dalam, kejadian ini sering disebabkan karena keduannya tidak bisa menyampaikan keinginannya dengan cara yang baik padahal tujuan dari keduannya adalah untuk kebaikan.

Beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan untuk mensukseskan penyampaian informasi dari dalam pikiran adalah:

  1. Berhati-hati dalam berbicara. Kamu harus tau apa yang Kamu ucapkan dan tidak perlu menyampaikan semua hal yang Kamu tau.
  2. Kamu harus tau siapa lawan bicaramu. Setiap manusia itu unik, mereka punya cara sendiri bagaimana untuk nyaman berkomunikasi.
  3. Selalu berusaha untuk menggunakan kata-kata yang aman tanpa maksud menyinggung lawan bicara jika Kamu berbicara dengan orang baru.
  4. Dalam kasus suami istri atau hubungan dekat lainnya. Berusahalah untuk selalu menjalin komunikasi dalam berbagai hal di waktu-waktu luang. Untuk semakin mengenal karakter dari lawan bicara Kita. Sehingga bisa menggunakan pengalaman tersebut di waktu yang dibutuhkan dengan meminimalisir kesalahan dalam berkomunikasi.
  5. Terus belajar menambah wawasan tentang ilmu komunikasi.
Itulah sedikit informasi yang bisa Saya sampaikan lewat tulisan ini. Jika ada benarnya itu datang dari Allah subhanahu wata`alla. Dan jika salah, itu dari kekilafan diri Saya. Terimakasih, salam semangat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan Calon Programmer di YABB

Belajar Plugin Wordpress Gwolle Guestbook untuk Aplikasi Buku Tamu